Tuesday, May 24, 2011

Cara Menentukan Ukuran dan Bahan Layar Projector

Ukuran Layar ( Screen )

Ukuran Layar sangat tergantung pada besar ruangan, terutama jarak terjauh antara audien dengan layar. Usahakan ukuran tinggi atau lebar layar minimum adalah 1/8 jarak terjauh antara audien dengan layar. 
Misal : Jarak terjauh audien 16 m, maka tinggi/lebar layar = 16 / 8 = 2 m, sehingga ukuran layar yang dibutuhkan = 3 x 2 m ( panjang x lebar )
Bila posisi ruangan melebar, maka sudut pandang audien pada ujung baris pertama terhadap Layar tidak boleh lebih dari 50o terhadap bagian tengah layar.

Bahan Layar ( Screen )

Dinding atau tembok menyerap cahaya, sedangkan Layar ( Screen ) menggunakan bahan dengan lapisan khusus yang dapat memantulkan kembali cahaya ke audien dan mempunyai efek penguatan pantulan cahaya ( Gain ) sebesar 1,2 hingga 4 kali lipat.
Penggunaan Screen dengan “Gain” tinggi, memungkinkan kita menggunakan projector dengan Brightness atau lumens yang jauh lebih rendah dari semestinya.


Dengan demikian , pilihlah proyektor dengan Brightness atau Lumens yang lebih tinggi bila ruangan lebih besar, agar gambar lebih jelas terlihat.
Pilihlah proyektor dengan resolusi tinggi sehingga detail gambar lebih nyata dan pixel lebih halus. Dan jangan lupa, gunakan Screen dengan bahan yang bagus.

6 comments:

  1. kalau bahan untuk layarnya apa ya.....,
    jika kebutuhan saya proyektor berada dibelakang layar,
    Jadi : Audiens - Layar - Proyektor
    mohon informasinya......

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. ni ane juga lagi bikin buat dekorasi panggung 17an besok. agan pernah coba belum?

      Delete
  3. Klo layar dr bhan baliho bs bgus gak bos... yg prnh nyoba infonya

    ReplyDelete
  4. Klo layar dr bhan baliho bs bgus gak bos... yg prnh nyoba infonya

    ReplyDelete
  5. lcd hitachi cp-rx78 ada garis vertikal dan warna berubah rubah komponen apa yang rusak bos.

    ReplyDelete